Akhir yang menjadi Awal.


    Aku siapkan satu tembok dikamarku. Seakan-akan aku mempunyai proyek yang besar. Ini akan menjadi hal pertama yang aku lihat ketika aku bangun tidur di pagi hari. Ini yang akan aku pelajari ketika pikiran sedang jernih-jernihnya. Cari, baca, catat, post-it, dan kemudian baca saja sampai harinya tiba. Ngga ada salahnya. Jangan pernah sombong bahwa apa yang kamu baca, kamu akan terus mengingatnya. Otak kita akan dipenuhi hal-hal yang baru. Dan semuanya akan tertumpuk. Kalau tidak di post-it ke tembok, atau setidaknya dicatat, lambat laun akan dilupakan. 
    Aku sempat merasakan seakan-akan mempunyai proyek yang besar dalam hidupku. 
Ketika apapun yang aku lakukan untuk menjadikannya efisien, ketika itu pula aku akan berpura-pura kalau sudah berhasil. Waktuku sebulan untuk menjalankan proyek ini. Proyekku adalah tes ujian tulis Pascasarjana UNY gelombang pertama. Heheheh. Berlebihan sekali kan. Intinya, Jangan pernah berhenti. Setidaknya sehari belajar sejam kalau sudah jenuh. 
Karena ketika berhenti, akan sulit untuk memulai kembali. 

    Soal yang aku dapat, setidaknya tujuh puluh lima persen aku dapatkan dari sampah-sampah yang tertempel ditembokku. Sisanya ada yang aku ngga tau jawabannya tapi mencoba memahami isi soalnya. Jadi aku akan share beberapa pencarianku dan bisa didownload. Semoga bermanfaat buat kalian yang mau ujian.    
Karena semua  file dalam bentuk kasarnya, Aku ulas yang masih aku ingat ya. 
   Soal kemampuan verbal, soal-soal yang aku bilang sepele, maksudnya udah sering denger. Temenku dapet soal itu. Kata-kata yang aku ingat dalam sinonim dan antonim yaitu ; Ekspresi, Rasional, Degenerasi, Apex, Galat, Ekskavasi, Insinuasi. Soal kemampuan numerik, banyaknya pake deret fibonanci, menentukan keliling dan luas, mencari rata-rata, median. Soal kemampuan analogi kayak biasanya di soal-soal di buku pascasarjana atau pun tpa ya.  
     Soal English, structure tentang penggunaan was, is, has been, had been. Penggunaan since, for dll. Vocab ya banyak-banyak baca kamus. Readingnya yang panjang banget itu tolong dilupakan, karena readingnya lebih pendek dan mudah dijawab. Ada tentang pengumuman edaran iklan, prosedur memakai tensi. Soal english yang aku ingat. ‘ The judge’s decision is final, ..... not to enter to them’. Kebanyakan menggunakan pilihan jawaban yang sama. Misal Unity, Utility dan ty-lainnya. Atau yang menggunakan akhiran –tion, -ment etc. Tag Question juga ada.
Udah itu aja. Semangat!

AmyBaidi

My name is Ummi Santria, I'm full time teacher and part time blogger who lived in Yogyakarta. I try to stay close to what keeps I feeling alive

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks for stopping by