Resolusi Ketenger. "Membangun Kredibilitas Blog" #bloggercampid #pwr



Hello reader, Selamat Hari Selasa
Selamat Hari Blogger Nasional Ke-8
Apa sih acara yang diadakan dan di seru serukan untuk memperingati Hari blogger nasional ini? Tentunya para blogger berpikir dengan cermat bagaimana ide-ide pada masing-masing blogger bisa dibagikan dan bermanfaat untuk kita para blogger. Acara Camp di 4 Kota pun dilaksanakan. Jakarta, Purwokerto, Surabaya, dan Makassar serentak pada tanggal 27 Oktober 2015.
Hari ini saya mengikuti di desa Ketenger, Purwokerto. Pembicara dan sharing yang dimulai pada jam setengah sembilan ini membuat saya antusias mendengarkan.Pembicara pertama ada Mas Pradna. Beliau adalah ketua dari komunitas blogger Banyumas. Berbicara tentang desa-desa melek IT. Kemajuan desa-desa di banyumas yang mengenal lebih tentang internet. Sehingga pemuda pemudi maupun dari kalangan orangtua menulis dan di posting di web informasi desa banyumas. Untuk apa? Jelasnya menjadikan mereka lebih mendapat pengetahuan dan mempermudah mereka untuk membagi ide ataupun produk mereka ke khalayak ramai di internet. Mereka pun bisa menyarakan berita mereka sendiri 
Contohnya, saat mereka belajar live streaming di youtube, mereka pun melakukan apapun di live streaming. Bahkan pemilihan ketua RT pun di live streaming. Pagelaran wayang tidak kalah hebatnya. Ini merupakan kemajuan yang besar bangsa Indonesia dalam menggunakan internet yang aktif dan bermanfaat. Begitu hebatnya bukan?
Para blogger yang merupakan penulis, pelakon, serta pengedit hal-hal yang ada di sekitar mereka pun berbagi kesan dan pesan bagaimana menjadikan kita membangun kredibilitas dalam hal blogging. Maka dari itu kita disini para blogger sebagai memperingati hari blogger nasional berkumpul untuk sharing dan memberikan kemajuan pada blog kita masing masing sehingga konten yang kita buat atau tulisan-tulisan yang kita buat bisa menjadi rekam jejak dan bermanfaat untuk orang yang membacanya, memberikan perubahan pada diri kita dan juga orang lain sedikit ataupun banyak. Kita juga bisa menjadi jurnalis dengan alat yang kita punya. Kirimkan saja di CJNET Media. Mungkin saja akan dilirik beritanya. 
Saya pun memanfaatkan internet dengan menjadi blogger untuk menceritakan yang saya kunjungi dan posting apapun yang saya suka. Internet mempermudah apapun tentunya, tapi tak dapat di pungkiri kuota internet pun tak kalah pentingnya. Indosat pilihan saya. No roaming, No macet sinyalnya.

Lalu, bagaimana blog yang baik dan bagus itu?
Apakah yang tidak ada iklannya, atau yang konsisten terhadap isinya
Penilaiannya sangat relatif tentang penjelasan blog yg bagus dan baik. Kita bisa mencapai goal kita sendiri dengan apa yang kita tulis. Ini juga berkaitan dengan kredibilitas blog tersebut. Sehingga menjadikan kita sebagai blogger profesional yang ketika itu kita bisa mempertahankan tentang sesuatu yang kita bicarakan dan ulas didalam blog pribadi kita. 
Menemukan jati diri kita pada blog itu sangatlah susah karena di lakukannya secara konsisten. Sehingga kredibilitas pada blog akan dapat memajukan diri kita terhadap apa yang kita tulis. Bukan apa yang terjadi di masa kini. Misal, di Indonesia ini lagi seru serunya traveling, kemudian blog yang dulunya menceritakan cerita-cerita pendek berubah haluan menjadi travelling akan sangat tidak kontras dengan apa yang kita jalani. 

Sehingga kita harus fokus dan berlaku egois pada blog kita, agar kita konsisten terhadap apa yang kita jalani dan tulis didalam blog. Mengenai content, kita harus mengidentifikasi audience kita. Dan apa yang mereka butuhkan. Contohnya traveling, apa sih yang dibutuhkan untuk traveling, biayanya berapa, naik apa bisa sampai sana. Sampai kita harus membagikan cerita tentang bahaya dijalan menuju tempatnya atau pesan untuk para traveling agar mereka bisa aware apa yang akan terjadi nanti.

Carilah konten yang sama, secara bersambung, dan tulislah secara konsisten. Sehingga sebagai blogger, kita menulis lebih kita pun juga harus membaca lebih terhadap konten yang relevant dengan kita. Dan ketahui trending topic dimasa kini jangan ketinggalan berita.
Endingnya, kita pun akan di lirik oleh pembaca-pembaca yang sama pemikirannya. Dan yang pemula.

Terima kasih atas sharingnyaa, Mas Pradna,Kak Mira Sahid, dan Kak Evanov.

Anyway, Selamat hari blogger nasional. 
#bloggercampid #lovekonten #pwr

AmyBaidi

My name is Ummi Santria, I'm full time teacher and part time blogger who lived in Yogyakarta. I try to stay close to what keeps I feeling alive

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks for stopping by