Teori Konstruktivisme Vygotsky

      Apakah kalian tahu Lev Semenovich Vygotsky yang mengeluarkan pernyataan tentang teori pembelajaran Vygotsky yang dikenal sebagai pembelajaran kognisi sosial (social cognition)?. Vygotsky meyakini bahwa kebudayaan penentu utama bagi pengembangan individu. Trade mark atau ciri khusus dari Vygotsky yaitu zona perkembangan (zone of development) dan scaffoldingPembelajaran berfokus pada peserta didik, memberi perhatian pada proses berfikir atau proses mental , dan bukan sekedar pada hasil belajar. Disamping kebenaran peserta didik , guru harus memahami proses yang digunakan anak sehingga sampai pada jawaban yang diinginkan.
   Teori ini juga mengutamakan peran peserta didik dalam berinisiatif sendiri dan keterlibatan aktif dalam kegiatan pembelajaran. didalam kelas, penyajian pengetahuan jadi (ready made) tidak mendapat penekanan, melainkan anak didorong menemukan sendiri pengetahuan itu melalui interaksi spontan dengan keadaannya. Memaklumi akan adanya perbedaan individual dalam hal kemajuan perkembangan. Seluruh peserta didik tumbuh melewati urutan, namun perturnbuhan itu berlangsung pada kecepatan yang berbeda.
   Semua kerja kognitif tingkat tinggi pada manusia berawal dari lingkungannya. Pengetahuan merupakan suatu bentukan secara sosial dan terintemalisasi pada masing-masing individu. Menekankan pada pengajaran top-down daripada botom-up. Top-down berarti bahwa siswa mulai dengan masalah-masalah yang kompleks untuk dipecahkan dan selanjutnya memecahkan atau menemukan (dengan bantuan guru dalam bentuk scaffolding) keterampilan-keterampilan dasar yang diperlukan.
      Maka, Pembelajaran berrnakna bagi peserta didik, konsep baru atau inforrnasi baru yang akan di sarnpaikan harus dikaitkan dengan konsep-konsep yang telah ada pada struktur kognitif dan terkait dengan kenyataan hidup yang dialami peserta didik.
Well, untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan download Makalah tentang Teori Konstruktivisme Vygotsky yang dibuat oleh saya sendiri dan teman-teman saya yang cerdas
Lihat daftar isi dibawah ini :

AmyBaidi

My name is Ummi Santria, I'm full time teacher and part time blogger who lived in Yogyakarta. I try to stay close to what keeps I feeling alive

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks for stopping by